oleh

Pemkot dan Indomaret Gelar Pelatihan Bagi Pelaku UMKM di Kotamobagu

SULAWESINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama dengan Indomaret menggelar pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kotamobagu.

Indomaret yang dibawah naungan PT. Indomarco Prismatama Cabang Manado ini, Kamis (11/02/2021) hari ini, telah bekerja sama dengan Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) untuk melakukan pelatihan Virtual Kewirausahaan Mandiri (VKM) yang diikuti 50 orang peserta. Kegiatan di laksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

“Saya mewakili Pemkot Kotamobagu sangat mengapresiasi PT Indomarco yang sudah mau membantu memfasilitasi pelatihan VKM bagi UMKM di Kotamobagu, karena itu Pemkot menyambut baik kegiatan ini,” ujar Asisten II, Siti Rafiqa Bora mewakili Wali Kota Kotamobagu.

Sebab, kata Rafiqa bahwa UMKM sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian, maka UMKM harus memiliki kemampuan dalam bersaing.

“Jadi, pelatihan dan peningkatan ini sangat penting dan strategis untuk UMKM. Sebab, UMKM di Kotamobagu menunjukkan peningkatan, tetapi nilainya masih sangat kecil dibanding produk pengusaha besar,” ujarnya.

Masih katanya lagi, dalam menghadapi persaingan global, pemasaran dan manajemen usaha, kemampuan UMKM harus ditingkatkan karena kemampuan pelaku UMKM baik dari sisi produksi maupun keahlian dalam memasarkan produk serta kemampuan para pelaku UMKM bersaing dengan industri besar, dikarenakan masih rentannya kualitas produk dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). “Kendala itu juga menjadi penilaian selain pengaruh pandemi Covid-19,”

“Untuk itu, saya menghimbau kepada pelaku usaha di Kotamobagu, terutama yang mengikuti pelatihan ini agar memanfaatkan teknologi informasi baik dalam melakukan inovasi maupun pemasaran,” ujarnya. (FL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *