oleh

Pemkot Kotamobagu Bersama BSG Gelar Sosialisasi Aplikasi Kas Daerah Online

SULAWESI.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bekerjasama dengan Bank SulutGo (BSG) cabang Kotamobagu, mengelar sosialisasi Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Kas Daerah Online SKPD se-Kotamobagu.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerag (Sekda) Ir. Sandera Dodo, MT, yang diwakili Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKAD) Sugiarto Yunus, dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Kamis (10/06/2021) pagi tadi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Cabang BSG Kota Kotamobagu, Junike Sumawati Paputungan.

Junike dalam penyampaiannya mengatakan, Bank SulutGo meminta agar mengimplementasikan transaksi non tunai. “Untuk itu BSG sebagai mitra Pemerintah daerah berupaya mendukung dan memberikan solusi pengelolaan keuangan. Salah satunya melalui aplikasi Kas Daerah online (Kasda-Online),” kata Junike.

Lanjutnya, Manfaat penggunaan Kasda Online ini untuk memudahkan transaksi. Dan aplikasi ini juga menurutnya sudah memiliki tingkat keamanan.

“Aplikasi ini sudah didukung tiga lapis keamanan user. Yaitu, maker, caker dan approfer. Dari segi waktu aplikasi dapat diakses kapan pun dalam perangkat apapun termasuk PC, Laptop, atau Ponsel yang terkoneksi dengan internet,” ujarnya.

Mantan Istri Pj. Wali Kota Kotamobagu ini juga berharap, adanya aplikasi ini setiap transaksi dapat dipermudah. Sebab, penggunaan aplikasi Kasda Online dapat memberikan kemudahan untuk setiap transaksi non tunai dilingkup SKPD Pemerintah Kota Kotamobagu, tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPKD Kotamobagu Sugiarto Yunus mengatakan, penggunaan Kasda Online sudah dilaksanakan oleh Pemkot Kotamobagu ditahun sebelumnya.

“Jadi, tahun tahun sebelumnya Kasda Online sudah dilaksanakan Pemerintah Kota. Namun ketika RKUD pindah ke BRI, yang kita terapkan adalah system CMS. Tahun sebelumnya juga sebelum pindah ke BRI memang Kasda Online sudah diaplikasi oleh Pemkot. Akan tetapi fokusnya lebih ke KUD dalam hal ini DPKD, karena aplikasi ini secara bertahap dikembangkan oleh Bank SulutGo,” ujar Sugiarto masih dalam sambutannya.

Lanjutnya, bahwa penerapan Kasda Online merupakan komitmen Bank SulutGo dalam rangka perbaikan pembaruan pengelolaan keuangan di  Kota Kotamobagu kearah yang lebih baik lagi. “Aplikasi ini juga dalam rangka penerapan gerakan non tunai. Dimana, bapak ibu kepala OPD selaku Approfer, kemudian Sekretaris sebagai Caker dan Bendahara sebagai Maker melaksanakan proses keuangan secara online,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, kalau penggunaan aplikasi tersebut bisa dari mana saja, jika kepala dinas tidak berada di tempat bisa diApprofer dari Hanphone, tambahnya.

 

(*/Febri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *