oleh

Wakil Bupati Bolmut Buka Pelatihan Penguatan Aparat Pemerintah Desa dan Kecamatan

SULAWESI.NEWS, BOLMUT – Wakil Bupati Drs Amin Lasena M.AP, senin (27/9/2021), membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Penguatan Aparat Pemerintah Desa Dan Kecamatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) di Hotel Tri Putra Desa Kuala.

Wabup dalam sambutanya mengatakan, kedudukan desa saat ini semakin diakui keberadaanya setelah terbitnya undang undang desa nomor 6 tahun 2014 tentang desa, khususnya terhadap dua azas utama yaitu, Rekognisi dan Subsidiartis yang memberikan kesempatan seluas luasnya bagi desa untuk membangun dan menentukan prioritas pembangunannya sendiri sesuai dengan potensi yang ada di desa.

“Dari sini kemudian muncul semangat baru yang seiring kita ungkapkan dengan filosofi Desa Membangun,” ujarnya.

Dalam membangun desa, menurut Wabup, pemerintah desa dapat menjalani kerja sama dengan desa lainnya ataupun dengan pihak ketiga dengan prinsip saling mengutungkan dan berorientasi kepada peningkatan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

“Pentingnya ketersediaan air minum dan sanitasi untuk kehidupan yang layak menjadi agenda pembagunan nasional dalam mewujudkan akses universal air minum dan sanitasi,” jelasnya.

Untuk itu penyediaan air minum dan sanitasi merupakan tanggung jawab semua pihak serta menjadi urusan wajib pemerintahan terkait pelayaan dasar sebagi pelaksanaan standar pelayanan minimal, tambahnya lagi.

(wan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *