oleh

Wali Kota Tatong Bara Lantik Ratusan Pejabat Struktural Kotamobagu

SULAWESI.NEWS, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu Tatong Bara melantik dan mengambil sumpah ratusan pejabat struktural menjadi fungsional, Jumat (31/12/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional tertentu itu, dalam rangka penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

Upacara pengambilan sumpah janji pegawai struktural eselon IV menjadi fungsional dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Kotamobagu. Total ada 191 pejabat struktural yang dilantik menjadi pegawai fungsional.

Walikota Kotamobagu Tatong Bara mengatakan, pengangkatan pegawai dalam jabatan fungsional dan penyetaraan dalam jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional. Untuk Penyederhanaan Birokrasi dan Surat Mendagri Nomor 800/8767 OTDA tentang Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Menurutnya tidak ada pegawai yang dirugikan akibat perubahan status dari struktural ke fungsional. Sebaliknya malah diuntungkan sebab terjadi penyederhanaan birokrasi. Dari sebelumnya proses birokrasi tiga tingkat (eselon II, III dan IV) menjadi dua tingkat saja (eselon II dan III).

“Pelantikan ini dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Kita lakukan penyederhanaan birokrasi, yang tadinya proses dari 3 tingkat yakni Eselon II, III dan IV kini menjadi 2 tingkat Eselon II dan III saja,” ujarnya.

Walikota juga menyampaikan dengan adanya penyederhanaan birokrasi ini, diharapkan nantinya kinerja para ASN akan lebih baik lagi.

“Yang duduk di jabatan sebelumnya tidak berubah, yang berubah adalah jabatannya. Ini perintah dari kementerian. Alhamdullilah di Kota Kotamobagu hari ini terlaksana, harapan kami pemerintah, saya dan seluruh jajaran pemerintah daerah yang hadir saat ini, mudah-mudahan dengan penyetaraan ini daya dorong kawan-kawan yang berubah jabatannya semakin baik,” harapannya.

Walikota berpesan pegawai yang baru dilantik dapat meningkatkan kualitas diri, pengetahuan dan wawasan. Sehingga mampu memberikan layanan prima kepada masyarakat dan disiplin

“Nama-nama yang dilantik ini telah melalui verifikasi dan persetujuan dari Kemenpan RB. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan banyak selamat bagi pejabat yang dilantik hari ini, dan selamat menjalankan tugas masing-masing,” tuturnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *