oleh

Bupati Bolmong Bacakan Pidato Presiden Pada Upacara Hari Bela Negara ke-74

SULAWESI.NEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, Kamis, 22 Desember 2022, memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke- 74, bertempat di Kantor Pemerintah Kabupaten Bolmong.

Upacara ini dirangkaikan dengan hari HIV-Aids sedunia, Hari Transmigrasi, Hari kesetiakawanan sosial nasional, Hari ultah darma Wanita persatuan kabupaten Bolmong, Peringatan hari ibu, serta dirangkaikan dengan apel korpri dilingkup pemkab bolmong.

Bupati dalam sambutannya membacakan pidato Presiden Republik Indonesia, melalui upacara ini kita menegukan niat kita bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, seluruh warga negara harus memiliki semangat kesadaran dan kemampuan bela negara, kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan complex di segala bidang.

Oleh karena itu, kita harus membangun manusia unggul produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara.

Bela negara juga merupakan kehoramatan bagi warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian bangsa dan negara.

Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara , setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara. Dan kemampuan negara dimana nilai-nilai ini yang harus di implementasikan dlam program pembinaan kesadaraan bela negara baik itu di dalam lingkungan Pendidikan, pekerjaan maupun dilingkungan masyarakat umum.

Pada peringatan bela negara ke-74 tahun 2022 ini saya mengajak, seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing.

Untuk ikut dalam bela negara dan jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran semangat serta kewajiban dalam membela negara membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republic Indonesia yang sama-sama yang kita cintai.

Semoga Allah swt senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk dan bimbingan agar kita meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejaterah. Selamat hari bela negara ke-74, maju, jaya Indonesiaku.

(Hery)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *