oleh

Galangan Kapal Rakyat Didesa Sauk Resmi Dibuka Bupati Limi Mokodompit.

SULAWESI.NEWS, BOLMONG – Galangan kapal rakyat Desa Sauk, Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis, 22 Desember 2022, resmi di buka oleh Bupati Limi Mokodompit. Dan siap untuk beroperasi.

Peresmian tersebut turut hadir beberapa jajaran Pemkab Bolmong,TNI,Polri,Kepala desa dan masyarakat setempat. Yang diawali dengan penguntingan pita oleh Bupati Limi mokodompit, yang dilanjutkan dengan penekanan tombol Wings penarik kapal. Selanjutnya penyerahan akta notaris bagi pengurus Koperasi Bahari Totabuan Jaya selaku calon pengelolah galangan kapal.

“Alhamdulillah dengan diresmikannya pembangunan galangan kapal rakyat ini, diharapkan para pengurus Koperasi dapat mengajak lebih banyak masyarakat untuk bergabung sebagai anggota koperasi. Ini juga sebagai bentuk ruang kerja yang baru, untuk menjadi tempat pemeliharaan, perawatan, perbaikan kapal-kapal yang mengalami kerusakan yang meliputi perbaikan terhadap konstruksi badan kapal perbaikan sistem, dan lain sebagainya,” Ucap Bupati.

Bupati Limi juga menegaskan, “Indonesia ini negara maritim, jadi sejak jaman pemerintahan Ir Sukarno arah pembangunan indonesia itu bepijak dari kemaritiman, karena hampir lebih dari separuh pulau kita adalah negara kepulauan. Itu terdiri dari kekayaan laut kita hampir 60%. Makanya kemaritiman itu menjadi arah pembangunan yang akan di eksploitasi untuk mejadi sumber daya kekuatan ekonomi bangsa. Namun mengalami perubahan sehingga sektor pertanian juga di kembangkan, tetapi intinya laut itu sumber daya yang kita miliki dan banyak manfaatnya untuk bangsa kita terutama untuk para nelayan. Oleh karenanya pemerintah melalui kebijakan-kebijakan strategis nasional untuk menumbuh kembangkan. Dan laut juga merupakan sarana transportasi termasuk juga perhatian pemerintah pada nelayan, “Ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong Ramlah Mokodongan menyampaikan, galangan kapal rakyat ini menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat kerjasama pemanfaatan infrastruktur antara Pemda dan Koperasi.

Ramlah menjelaskan pembangunan Galangan Kapal Rakyat sudah dimulai sejak 2018 dengan sumber dana yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian Perdagangan, “Ucapnya

(Hery)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *