oleh

Ini Tips Balik Modal Bisnis dengan Cepat

Sulawesi.news, BISNIS – Saat akan memulai bisnis, Anda harus memperhitungkan terkait berapa lama sebuah bisnis bisa balik modal. Hal ini berhubungan dengan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Apabila balik modal bisnis bisa dilakukan dengan cepat, maka bisnis tetap bisa dijalankan karena modal bisa diputar kembali, bila modal lambat untuk kembali, maka bisa-bisa operasional membengkak dan membuat bisnis bangkrut.

Sebab, modal usaha adalah dana yang harus diputar kembali menjadi produk yang bisa dijual ke pelanggan.

Hal itu artinya modal ini tidak boleh dipakai untuk kebutuhan lain selain membeli produk yang akan dijual. Oleh karena itu, dalam berbisnis, semakin cepat balik modal bisnis, maka semakin baik untuk bisnis tersebut.

Apabila Anda ingin memulai bisnis atau menambah cabang bisnis baru, maka Anda harus bisa memilih bisnis dengan kemungkinan balik modal yang cepat.

Nah, seperti apa sih bisnis yang bisa cepat balik modal? Berikut ini ada tips jitu yang bisa Anda praktikkan;

Cara Balik Modal Bisnis yang Cepat

1. Minimalkan Modal

Salah satu trik untuk bisa balik modal bisnis dengan cepat adalah memulai bisnis dengan modal yang minim. Setelah itu, Anda harus mengatur aliran dana secara teliti yaitu langkah pertama pisahkan biaya modal dengan keuntungan.

2. Buat manajemen keuangan yang bagus

Melalui pencatatan keuangan yang sehat, maka akan terlihat pos-pos masing-masing biaya. Hal ini akan lebih mudah diawasi, sehingga dalam berbisnis Anda bisa fokus untuk selalu mencetak balik modal.

3. Coba Bisnis Kuline non-Makan Berat

Setelah urusan modal dan pencatatan cashflow aman, Anda harus cermat untuk memilih bisnis yang bisa balik modal dengan cepat. Salah satu rekomendasi bisnis yang cepat balik modal adalah kuliner makanan dan minuman ringan.

Anda bisa mencoba untuk berjualan gorengan, snack pedas kiloan, es teh manis, atau minuman boba viral. Bisnis-bisnis seperti itu diminati banyak orang dan bisa dibilang dikonsumsi secara rutin.

Apabila Anda tekun dan disiplin berjualan snack atau minuman ringan, bisa saja Anda balik modal sebelum 5 bulan berjualan.

4. Gunakan Promosi Kreatif

Bisnis yang bagus tak hanya berfokus pada penjualan, namun juga promosi. Penjualan bisa meningkat berlipat ganda apabila promosi dilakukan dengan efektif dan benar.

Oleh karena itu, mulailah merancang teknik promosi yang kreatif untuk bisnis Anda.

Sekarang ini media sosial sudah sangat maju dan bisa digunakan sebagai alat promosi yang kreatif, efektif, dan masif. Manfaatkan media sosial sebagai alat promosi bisnis Anda.

Semakin bagus kualitas promosi akan meningkatkan frekuensi penjualan. Hal ini tentunya akan membuat modal lebih cepat berputar.alias balik modal.

5. Maksimalkan Platform Bisnis Online

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, rasanya sangat disayangkan kalau Anda berbisnis tanpa memanfaatkan platform online.

Berbisnis online bisa membuat penjualan meningkat karena produk bisa diakses oleh konsumen yang lebih luas. Tentunya hal itu akan membuat modal lebih cepat berputar.

Kalau Anda belum memiliki toko online, maka Anda bisa membuat toko online di Blibli. Mal online terbesar di Indonesia ini merupakan platform untuk berjualan online yang cocok baik untuk pebisnis pemula atau yang sudah berpengalaman.

Buka toko online di Blibli sangatlah mudah. Anda hanya perlu kartu identitas, detail nama toko , serta nomor rekening yang aktif.

Selain itu, Anda tak perlu deposit apapun untuk membuka toko dan tidak ada denda apapun. Setelah Anda membuka toko online di Blibli, produk Anda bisa dilihat oleh jutaan pengguna Blibli yang aktif setiap harinya.

Untuk memaksimalkan penjualan, Blibli juga akan memberikan bonus modal promosi untuk para seller di dalamnya. Anda cukup melaksanakan beberapa tantangan yang ada untuk seller, sebagai bonusnya Anda bisa mendapatkan modal promosi untuk mengiklankan produk-produk Anda.

Berjualan di Blibli dijamin sangat menguntungkan karena ongkir ditanggung Blibli serta produk yang dikirimkan otomatis diasuransikan secara gratis.

Tak hanya itu, keuntungan yang diraih tak sampai disitu saja, Anda juga bisa bergabung dengan Komunitas Blibli Seller agar bisa lebih lihai dalam mengoptimasi toko online di Blibli.

Editor : Febri Limbanon
Sumber : Digitalic.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed