oleh

Kotamobagu Sambut Mako Polres Baru, Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan Pimpin Peletakan Batu Pertama

SULAWESI.NEWS, HUKRIM – Rabu, 12 Juni 2024 Kapolda Sulut, Irjen Pol Yudhiawan, memimpin upacara peletakan batu pertama pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Kotamobagu yang baru. Acara yang berlangsung di Jalan Paloko Kinalang, Kotamobagu ini turut disaksikan oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, Forkopimda, serta para tokoh masyarakat setempat, yang diiringi dengan doa dan ritual adat Bolaang Mongondow.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Yudhiawan menyampaikan bahwa peletakan batu pertama ini merupakan awal dari pembangunan Mako Polres Kotamobagu oleh PT. Lubuk Indah, kontraktor pelaksana yang ditunjuk. Bangunan baru ini akan berdiri di atas lahan seluas 1.200 m² dengan luas lantai mencapai 2.419 m² dan diperkirakan selesai dalam 180 hari, tepatnya pada 18 Desember 2024.

“Pembangunan gedung Mapolres Kotamobagu ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik, serta mampu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), melayani, melindungi, dan mengayomi, serta menegakkan hukum di wilayah Kotamobagu,” ujar Irjen Pol Yudhiawan.

Lebih lanjut, Kapolda menekankan pentingnya pengawasan ketat selama proses pembangunan. Ia mengingatkan agar pembangunan ini dilakukan sesuai aturan tanpa adanya praktik kolusi, gratifikasi, konflik kepentingan, mal-administrasi, atau niat jahat lainnya. Bangunan ini juga harus memenuhi spesifikasi teknis yang telah ditetapkan, termasuk penggunaan material yang berkualitas sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

“Bangunan ini harus tahan gempa dan tidak mudah terbakar. Proses pembangunan yang diawasi dengan ketat ini harus selesai tepat waktu pada tanggal 18 Desember 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi menjelaskan bahwa pembangunan Mako Polres Kotamobagu yang baru sangat diperlukan mengingat keterbatasan ruang di kantor sementara yang mereka tempati saat ini. Ia mengingatkan kembali peristiwa kebakaran Mako Polres Kotamobagu pada 3 Maret 2022 yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp13.560.887.314.

“Untuk menjaga agar pelayanan publik tetap berjalan, Pemkot Kotamobagu meminjamkan sementara gedung eks Universitas Dumoga Kotamobagu. Namun, gedung tersebut tidak memadai untuk kebutuhan operasional Polres Kotamobagu,” jelas Kapolres.

Dengan anggaran sebesar Rp30 miliar yang telah dialokasikan melalui proses lelang panjang di LPSE Polda Sulut, pembangunan Mako Polres Kotamobagu yang baru ini diharapkan dapat menyediakan lingkungan dan ruangan yang luas, asri, nyaman, dan memadai bagi pelayanan publik.

“Anggaran sebesar Rp30 miliar ini telah dialokasikan melalui tiga tahap lelang dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pembangunan Mako Polres yang baru,” pungkasnya.

Penulis: Moh Zakir Mokoginta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *