oleh

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Bolmong: Pj Bupati Jusnan Jadi Inspektur Upacara

SULAWESI.NEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) meriahkan Hari Lahir Pancasila dengan sebuah upacara yang penuh khidmat pada Sabtu (1/6/2024).

Acara yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong ini dihadiri oleh berbagai elemen penting daerah. Penjabat Bupati Bolmong, dr. Jusnan Calamento Mokoginta, didaulat sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan amanat yang menggugah semangat kebangsaan.

Tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, menjadi sorotan utama dalam pidato Jusnan. Ia membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Tema ini menggarisbawahi pentingnya Pancasila dalam menyatukan keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa untuk mencapai visi Indonesia Emas pada 2045.

“Pancasila menyatukan kita dalam perbedaan, membawa kita menuju 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ungkap Jusnan dengan penuh keyakinan.

Dalam pidatonya, Jusnan juga menekankan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, yang mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang ada di Indonesia dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”, yang menjadi dasar persatuan bangsa.

Jusnan mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

“Sebagai meja statis, Pancasila mempersatukan kita menghadapi berbagai tantangan sejarah. Sebagai bintang penuntun, Pancasila membawa Indonesia menuju kemajuan di era globalisasi teknologi dan informasi,” jelasnya.

Upacara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Ketua DPRD Welty Komaling, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD, camat dan sangadi, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong. Selepas upacara, Pj Bupati bersama Sekda, Ketua DPRD, dan para Kepala OPD, memberikan piagam penghargaan dan hadiah uang tunai kepada desa-desa pemenang lomba monuntul tingkat Kabupaten Bolmong.

Dalam momen bersejarah ini, Jusnan mengajak semua pihak untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila.

“Kita harus bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud mengamalkan nilai Pancasila,” tegasnya.

Jusnan berharap, peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila, demi mewujudkan Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Dengan semangat yang membara, Bolmong menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan mengamalkan Pancasila, merajut persatuan dalam keberagaman, dan melangkah mantap menuju Indonesia Emas 2045. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *