oleh

Waspada Cuaca Ekstrem: BPBD Bolaang Mongondow Keluarkan Peringatan Dini

SULAWESI.NEWS, BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda wilayah Sulawesi Utara pada hari ini 10 Juli 2024.

 

Berdasarkan prakiraan cuaca, mulai pukul 16:00 WITA, daerah ini berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang pada sekitar pukul 21:30 WITA.

 

Wilayah terdampak : Sang Tombolang, Poigar, dan dapat meluas ke wilayah Dumoga Barat, Dumoga Timur, Dumoga Utara, Lolak, Bolaang, Lolayan, Passi Barat, Passi Timur, Bolaang Timur, Bilalang, Dumoga, Dumoga Tenggara, dan Dumoga Tengah.

 

Himbauan BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow kepada masyarakat:

1. Waspada Banjir dan Tanah Longsor: Masyarakat yang tinggal di dekat bantaran sungai dan lereng gunung diimbau untuk senantiasa waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor.

2. Hati-hati saat Bepergian: Selalu berhati-hati saat melakukan perjalanan melewati daerah yang rawan banjir dan tanah longsor.

3. Tunda Perjalanan Laut: Nelayan dan masyarakat yang berencana melakukan perjalanan laut diminta untuk menunda aktivitas tersebut saat cuaca buruk.

4. Hindari Pohon saat Hujan: Hindari berteduh di bawah pohon saat hujan disertai angin kencang.

5. Koordinasi dengan Pemerintah Setempat: Segera berkoordinasi atau melaporkan ke pemerintah setempat jika terjadi bencana.

 

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari BPBD serta instansi terkait demi keselamatan bersama. (Zakir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *