oleh

Persiapan Pengamanan Pilkada, Bawaslu Bolsel Hadiri Latihan Sispamkota yang Digelar Polres

SULAWESINEWS, BOLSEL – Anggota Bawaslu Bolsel Ruslan Pulumoduyo di dampingi Koordinator Sekretariat Verawaty F Kaawoan dan beserta sejumlah staf, Jumat (23/8/2024) menghadiri kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja Samrat 2024.

Kegiatan yang digelar Polres Bolsel tersebut untuk kesiapan pengamanan Pilkada, dimana personel Polres Bolsel menampilkan simulasi berbagai skenario cara merespon cepat jika situasi-situasi darurat terjadi selama tahapan Pilkada berlangsung.

 

Menurut Kapolres Bolsel AKBP Indra Wahyu Madjid menjelaskan, simulasi ini bukan sekadar latihan, tetapi sebuah bentuk kesiapan nyata dari Polres Bolsel bersama seluruh unsur Forkopimda dan instansi terkait untuk menghadapi berbagai skenario gangguan keamanan yang dapat muncul selama tahapan Pilkada serentak 2024.

“Simulasi ini dapat menjadi langkah antisipatif dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di Bolsel jelang penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024,” ujar Kapolres Bolsel.

Sementara itu, Ruslan Pulumoduyo mengatakan kehadiran Bawaslu dalam pelatihan ini menunjukkan komitmen kuat untuk bekerja sama dengan aparat keamanan dan lembaga terkait guna menciptakan suasana pemilihan yang aman, adil, dan demokratis di Bolsel.

“Saya berharap melalui momentum ini dapat meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan dan lembaga terkait untuk memastikan segala aspek keamanan dan pengawasan pemilu dapat terintegrasi dengan baik,” harap Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Humas Bawaslu Bolsel ini.

Perlu diketahui, personil Polres Bolsel melaksanakan simulasi antisipasi gangguan Pilkada 2024 ini untuk menghadapi tahapan pendaftaran bakal calon, tahapan pengamanan dari kampanye paslon sampai dengan perhitungan suara serta praktek ketika terjadi huru hara di lapangan. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *