Pilkada 2024: Bawaslu Boltim Awasi Tahapan Tes Kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Boltim59 views

SULAWESINEWS, BOLTIM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengawasi langsung tahapan tes kesehatan yang dilakukan dua bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Boltim yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prov Kandou Manado selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 30 Agustus 2024.

Adapun kedua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mengikuti tes kesehatan tersebut yaitu Sam Sachrul Mamonto – Rusmin Mokoagow, dan Oskar Manoppo – Argo Sumaiku.

Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto beserta jajaran anggota Bawaslu lainnya di dampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Boltim Muhdi Pasma serta jajarannya, turun langsung melakukan pengawasan selama proses tes kesehatan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2024.

Menurut Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, pentingnya pemeriksaan kesehatan ini dalam memastikan kesiapan fisik dan mental calon-calon kepala daerah.

“Pemeriksaan kesehatan kepada Bakal calon merupakan rangkaian tahapan yang sangat krusial dan wajib diikuti oleh seluruh bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Boltim,” ujar Mutahir saat berada di RS Prov Kandou.

Menurutnya, pengawasan yang dilakukan oleh pihaknya ini tidak lain untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian dan prosedur pemeriksaan kesehatan ini telah diikuti dengan baik serta sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Tahapan ini penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas pemilihan bupati dan wakil Bupati. Oleh sebab itu kami memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan yang diikuti oleh masing-masing paslon,” terang Mutahir.

Untuk itu, ia berharap para bakal paslon ini bisa mengikuti tahapan ini sesuai prosedur tahapan sebaik mungkin.

“Mereka adalah calon pemimpin dan harus sehat secara jasmani,” tegasnya.

Sementara itu, pihak Dirut RSUD Prov Kandou mengungkapkan pemeriksaan ini masih akan berlanjut sampai hari terakhir, karena masih ada kandidat bakal calon kepala daerah yang akan diperiksa.

“Total ada 21 item pemeriksaan yang akan dijalani paslon. Nah sudah ada sebagian kandidat calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Tanggal 3 September kita sudah ada hasil pemeriksaan kesehatanya. Selanjutnya kita akan memberikan hasil itu ke KPU pada tanggal 4 September 2024,” kata Dirut RSUD Prov Kandou Manado (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *