Tingkatkan PAD, Pemkot Kotamobagu Launching Kartu Parkir Berlangganan

SULAWESI.NEWS, KOTAMOBAGU – Mewakili Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Sekretaris Daerah (Sekda) Sande Dodo MT, melaunching kartu parkir berlangganan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (12/04/2021) pagi tadi, merupakan program Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekda dalam membacakan sambutan Wali Kota menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan pembiayaan daerah.

“Di era sekarang ini, salah satu indikator utama yang digunakan untuk dapat mengukur kemampuan suatu daerah dalam melanjutkan otonomisasi adalah adanya tingkat kemampuan daerah dalam hal penyerapan atau kemampuan pembiayaan, agar pemerintah daerah dapat melaksanakan fungsinya secara efektif dan efisien dalam rangka pelayanan umum kepada seluruh masyarakat,” ujar Sande.

Upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah, adalah hal yang sangat penting.

“Harus menjadi perhatian bersama karena pendapatan daerah yang bersumber dari pajak daerah, karena daerah juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Dalam konteks yang demikian ini lanjut Sande, maka tentunya daerah juga mengoptimalkan potensi yang dimiliki, termasuk pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah.

“Karena itu pendapatan daerah termasuk bersumber dari retribusi perparkiran tentunya menjadi hal yang sangat penting karena merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah daerah Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan begitu maka penggunaan kartu parkir berlangganan merupakan upaya pemerintah untuk peningkatan PAD secara efektif efisien dan akuntabel, kata Sande mengakhiri.

 

Febri Limbanon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *