Wali Kota Kotamobagu Hadiri Bimtek Penyederhanaan Birokrasi

SULAWESI.NEWS, KOTAMOBAGU –Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Bimtek tersebut terkait kebijakan strategis pemerintah pusat dalam rangka penyederhanaan birokrasi. Kegiatan dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Senin (12/04/2021).

Tjahjo Kumolo saat membuka kegiatan menyampaikan, Menpan-RB berharap, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulut dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan pembangunan nasional.

“Upaya ini dilakukan melalui implementasi kebijakan Kementerian PAN-RB,” ujarnya.

Kebijakan tersebut kata Tjahjo, penyederhanaan birokrasi, sistem kerja berbasis digital, manajemen ASN, dan memperbaiki kualitas pelayanan publik.

“Kami berharap agar Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dalam program visi misinya agar bisa sejalan dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Dengan bgitu, pelaksanaan reformasi birokrasi yang tertuang dalam visi dan misi Presiden Joko Widodo dapat tercapai,” tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu Sarida Mokoginta mengatakan, Bimtek tersebut dalam rangka mewujudkan sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta mendorong efektivitas dan efisiensi kinerja ASN.

“Menpan dalam arahannya menyampaikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Sulut terkait pelaksanaan reformasi birokrasi, pelayanan publik, penyederhanaan birokrasi, peningkatan sistem kerja ASN serta kebijakan rekrutmen CPNS dan PPPK,” ujar Sarida.

Pada kesempatan tersebut Menpan-RB juga menyampaikan hasil evaluasi pelayanan publik bagi Pemerintah Daerah (Pemda) se-Sulut, kata Sarida lagi.

“Alhamdulillah Kota Kotamobagu mendapat nilai tertinggi dari Kemenpan-RB,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandow, serta seluruh Kepala daerah se-Sulut.

 

(*Febri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *