DPMD Boltim Gelar Sekolah BUMDes Bagi 81 Desa

Boltim, Terkini41 views

SULAWESI.NEWS, BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelaksanaan sekolah Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), Senin (13/6) hingga Kamis (16/6), bertempat di Vila Tobongon, Kecamatan Modayag.

Kepala DPMD Boltim, Hendra Tangel mengatakan, pelaksanaan sekolah BUMDes ini merupakan tindak lanjut dari ketentuan PP 11 Tahun 2021 Tentang BUMDes, Permendes 03 Tahun 2021.

“Dimana Permendes 03 Tahun 2021 membahas tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, dan Pengadaan Barang atau Jasa Badan Usaha Milik Desa atau Badan Usaha Milik Desa Bersama,” ungkap Hendra, Jumat 17 Juni 2022.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Sangadi (Kepala Desa,red) dan Pengurus BUMDes yang ada di Kabupaten Boltim.

“Sekolah BUMDes ini memiliki tujuan untuk melakukan identifikasi terkait permasalahan BUMDes dengan adanya berbagai masalah,” ucapnya.

Termasuk juga kata Hendra, pihaknya menyarankan kepada seluruh Sangadi untuk membentuk kepengurusan baru.

“Namun jika pengurus lama masih bisa dipertimbangkan dilakukan musyawarah. Ini juga bentuk evaluasi terhadap kinerja dan keberlangsungan aktifitas BUMDes,” jelas Hendra. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *