KPU Kota Kotamobagu Gelar Media Gathering ‘Ngopi’ Bersama Insan Pers

Kotamobagu24 views

SULAWESI.NEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mengadakan acara media gathering bertajuk ‘Ngobrol Pilkada’ atau ‘Ngopi’ bersama insan pers Jumat 26 Juli 2024.

Acara ini berlangsung di gedung pertemuan KPU Kotamobagu dan dibuka oleh Ketua KPU Kotamobagu, Mishart Manoppo, yang didampingi oleh anggota KPU lainnya seperti Hairun Laode, Heriyana Amir, Ilmi Paputungan, dan Ivan Tandayu.

Dalam sambutannya, Mishart Manoppo menyampaikan apresiasi yang mendalam atas peran media dalam menyukseskan pemilu presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif (Pileg) yang telah berlangsung pada 14 Februari lalu. “Atas nama pribadi dan lembaga, kami ucapkan terima kasih. Kami mohon maaf jika ada pelayanan yang kurang memuaskan, baik dari sisi komunikasi maupun penyampaian informasi selama Pileg dan Pilpres kemarin. Semoga di momentum Pilkada kali ini kita bisa perbaiki supaya lebih baik ke depannya,” ungkap Mishart.

Mishart menekankan pentingnya peran aktif media sebagai perpanjangan tangan KPU untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat demi terciptanya situasi kondusif dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Kotamobagu. “Peran pers sangat penting dalam membangun partisipasi masyarakat untuk turut serta mensukseskan Pilkada,” jelas Mishart.

Ia juga menambahkan bahwa KPU secara kelembagaan terus berusaha memaksimalkan penggunaan teknologi untuk menyebarluaskan informasi terkait Pilkada. Namun, Mishart menyadari bahwa upaya tersebut tidak akan optimal tanpa keterlibatan media. “Melalui momentum ini, kami berharap mendapatkan masukan dari media untuk memaksimalkan kerja-kerja kami. Beritakan tahapan dan kegiatan yang kami lakukan. Kritikan dan masukan dari rekan-rekan pers tentunya akan sangat membantu kami,” terang Mishart.

Heriyana Amir, Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU, menegaskan bahwa meskipun segala mekanisme terkait pelaksanaan Pilkada telah dijalankan sesuai dengan peraturan, peran media tetap diharapkan untuk merespons positif setiap kegiatan KPU hingga 27 November 2024 mendatang. “Kami butuh peran serta media secara positif. Semoga melalui sinergi dan produk berita dari rekan-rekan pers, insyaAllah akan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mensukseskan Pilkada Kota Kotamobagu yang lebih romantis nanti,” jelas Heriyana.

Pada kesempatan yang sama, Hairun Laode, Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU, menambahkan bahwa partisipasi pemilih dalam Pemilu lalu cukup tinggi, mencapai angka 85 persen. Melalui sinergi antara KPU dan media, Hairun berharap angka partisipasi ini dapat dipertahankan atau bahkan meningkat pada Pilkada mendatang. “Harapannya, melalui pemberitaan rekan-rekan pers, persentase partisipasi masyarakat dalam Pemilu lalu bisa lebih meningkat untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang,” harap Hairun.

Acara media gathering ‘Ngobrol Pilkada’ ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam membangun komunikasi yang lebih baik antara KPU Kota Kotamobagu dan media, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.(Zakir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *