Gelar Sosialisasi, Warga Kotabunan Nyatakan Dukungan ke PT APK Soal Penilitian Emas di Boltim

Boltim, Terkini76 views

SULAWESI.NEWS, BOLTIM – Sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Kotabunan menyampaikan dukungan atas rencana penelitian kandungan material emas di pesisir Pantai Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) oleh PT Alam Persada Kencana (APK).

Dukungan tersebut disampaikan beberapa warga saat sosialisasi PT APK di Kantor Camat Kotabunan pada Senin 14 Februari 2022.

“Sebagai masyarakat kita tidak boleh alergi terhadap investor. Selagi tujuannya itu baik untuk daerah dan masyarakat. Apalagi Undang-Undang cipta kerja mempermuda investasi,” kata Zaenal Bahansubu, warga Desa Kotabunan Selatan.

Ishak Mamonto, warga Desa Kotabunan, mengutarakan rasa syukur karena potensi kandungan mineral di Kabupaten Boltim dilirik oleh investor.

“Tentunya saya mendukung rencana penyampelan oleh PT APK. Jika tidak dilakukan penelitian, kita tidak akan tahu seperti apa potensi kandungan mineral di daerah (pesisir pantai) kita. Makanya rencana ini kita dukung,” sebutnya.

Warga Desa Paret, Sumun Mokodompit, mengatakan bahwa pasir di pesisir pantai wilayah hukum Kecamatan Kotabunan memang memiliki kandungan emas yang ekonomis jika dikelola.“Maka jangan ragu untuk melakukan penelitian,” ketusnya.

Sangadi Buyat I Chandra Modeong juga memberikan dukungan terhadap rencana penelitian PT APK.“Harus didukung karena ini baru sebatas penelitian. Soal apakah nanti bisa eksplorasi atau eksploitasi bergantung pada hasil penelitian ini,” ungkapnya.

Fredy Sumolang selaku Konsultan Teknis PT APK menjabarkan bahwa pihaknya akan mengambil material untuk diteliti di beberapa titik di Pantai Boltim.

Pola pengambilan material yang akan disampel ini dia pastikan tidak akan mengganggu aktivitas nelayan dan penambang konvensional.

“Pengambilan material ini juga tidak akan merusak terumbu karang karena kita tidak akan menyentuk terumbuh karang. Yang kita ambil itu pasir, hanya sedikit yang akan kita ambil untuk diteliti di darat,” kata Fredy.

Sekedar informasi, sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Kotabunan Frida Manoppo, Anggota DPRD Samsudin Dama, para Sangadi dan perwakilan warga di Kecamatan Kotabunan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *