oleh

Pemkot Kotamobagu Persiapkan Lahan TPA Baru

SULAWESINEWS, KOTAMOBAGU – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan hampir penuh. Karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mulai mempersiapkan lahan baru.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga, Kamis (28/01/2021). Menurutnya TPA di Poyowa Kecil akan penuh sekitar 2 tahun lagi.

“Opsinya ada dua, TPA lama dioptimalisasi atau mengadakan TPA baru. Tapi sesuai arahan ibu Wali Kota pembuatan TPA baru sehingga pihaknya sedang melakukan pencarian lahan baru untuk pembuatan TPA,” kata Bambang.

“Ada beberapa lahan sudah disurvei, meski begitu kita masih mencari lahan lain juga. Sekitar 5 hektare luas lahan yang diperlukan untuk pembuatan TPA, lahan seluas itu nanti akan dibangun juga tempat pengelolaan limbah B3, ” ujarnya.

Di tempat terpisah, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan, bahwa untuk pembuatan lahan TPA masuk dalam progran rencana pekerjaan oleh pihaknya

“Kalau beberapa calon lahan sudah dapat maka selanjutnya akan disurvei oleh tim dari Dinas PUPR untuk menyusun studi kelayakan yang juga melibatkan tim ahli, langkah pertama adalah kajian soal Analisis Dampak Lingkungan (Amdal). Tentunya kita juga harus menyiapkan anggaran untuk pembuatan studi kelayakan dan kajian AMDAL, setelah itu dilakukan persiapan anggaran untuk pembebasan lahan pembuatan TPA yang nantinya akan diajukan anggaran itu,” tuturnya. (FL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *