oleh

Keindahan Alam Natural Air Terjun Sinambitan Desa Buyat Bisa Dijadikan Spot Favorit

SULAWESI.NEWS, BOLTIM – Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dikaruniai wilayah pantai dan pegunungan yang cukup luas, sehingga potensi wisata yang di daerah ini cukup melimpah.

Salah satunya adalah Air Terjun (Arter) Sinambitan yang terletak di Desa Buyat Dua, Kecamatan Kotabunan. Walaupun tergolong Arter kecil, namun pemandangannya tak kalah dengan Air Terjun lainnya yang ada di Boltim.

Yang lebih menarik, lokasi Arter Sinambitan tidak terlalu jauh dengan pemukiman penduduk dan bisa tergolong lokasi wisata yang berada di Belakang Dapur. Namun, walaupun dekat dengan pemukiman, kondisi alamnya masih tetap natural.

Untuk ke lokasi wisata ini, bisa menggunakan kendaraan roda 4, dan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir kendaraan.

”Mau ke Arter Sinambitan sangat gampang dan mudah. Tidak seperti Arter lainnya yang harus berjuang melaluinya jalan yang cukup menantang. Jika menggunakan kendaraan roda dua pun bisa diparkir dekat lokasi Arter Sinambitan,” Ujar Saprianto Samlan, mantan Ketua Komunitas Pencinta Alam (KPA) Torotakon Buyat, Jumat 28 Januari 2022.

Dirinya berharap, potensi wisata ini bisa dijaga dan dikembangkan oleh pemerintah daerah. “Kami harap Arter Sinambitan bisa dijaga kelestariannya dan pemerintah juga bisa mengelola lokasi ini biar bisa lebih dikenal dikalangan luas,” Harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Boltim Ivan Assa mengungkapkan sudah pernah mengunjungi Arter Sinambitan. “Saya sudah pernah kesini dan Arter Sinambitan merupakan salah satu spot favorit saya untuk foto. Mudah-mudahan lokasi ini bisa tetap terjaga agar kedepan bisa dinikmati oleh anak cucu kita,” Ungkap Ivan.

Dirinya pun berharap agar potensi ini bisa dikembangkan oleh pemerintah desa setempat lewat anggaran Dana Desa.

“Karena keterbatasan anggaran di pemerintah daerah, kami berharap lokasi wisata bisa dikembangkan oleh pemerintah desa lewat anggaran Dana Desa. Semakin banyak desa yang mengelola lokasi wisata, semakin banyak tempat pilihan yang akan dipilih oleh wisawatan yang berkunjung ke Boltim,” Imbuh Ivan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *