oleh

Kreatif ! Kepala Desa Purworejo Timur Sulap Pipa Pralon Jadi Alat Penebar Pupuk

SULAWESI.NEWS, BOLTIM – Kepala desa Purworejo Timur, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim) menciptakan alat penebar pupuk untuk memudahkan para petani.

“Ini bisa membantu para petani Yang ada di desa Purworejo Timur. Dimana alat ini untuk menyebar pupuk pada tanaman. Idenya muncul karena petani di kampung saya banyak yang usia lanjut, merasa pinggang sakit jika memupuk. Jadi, dengan alat ini bisa membantu,” kata Kepala desa Purworejo Timur Jamaluddin Bahas.

Ia menjelaskan, alat berbentuk lonjong ini dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti dari pipa pralon, bahkan ada yang merupakan barang bekas.

“Awalnya, pipa dengan ukuran 2 inci, dipotong dengan panjang sekitar 1meter. Lalu pipa 3/4 15 cm dan pipa 1/2 cm 20 cm yang dibuat dengan lubang yang sama, untuk jalur pupuk. Setelah semua selesai dilubangi, direkatkan dengan paku agar tidak mudah bergerak,” jelasnya

Uniknya kata Jamaludi, alat tersebut diciptakannya karena termotivasi dari video YouTobe. “Saya serahkan ini kepada masyarakat petani agar mereka tidak susah untuk menebar pupuk di tanaman mereka,” tutupnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *