oleh

J Resources Mengurangi Emisi Karbon 54%

BOLMONG – Perusahaan pertambangan nasional PT. J Resources Asia Pasifik (PSAB) melakukan langkah penting dalam pengurangan emisi karbon. Dimana Rabu (27/03/2024) kemarin, perusahaan tersebut meresmikan pengopersian dua unit truk listrik berkapasitas daya angkut 70 ton di site Bakan Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, bekerjasama dengan kontraktor pertambangannya PT Samudera Mulia Abadi (SMA).

Ada pun truk listrik tersebut memerlukan waktu 90 menit untuk dapat mengisi daya hingga penuh di stasiun pengisian daya listrik yang sudah disiapkan.

Inisiatif pengurangan emisi karbon ini bukan yang pertama, karena sebelumnya, PSAB mengganti sumber energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi listrik untuk kegiatan operasional dua anak usahanya, yaitu site Bakan (PT J Resources Bolaang Mongondow) dan site Doup (PT Arafura Surya Alam).

Dua langkah pengurangan emisi karbon ini merupakan bagian dari pencapaian PSAB pada Scope 1 dan Scope 2 Protokol ESG (Environment, Sosial, and Governance) yang pengukuran pencapaian tahunannya mulai diterapkan perusahaan pada tahun ini.

“Kedua inisiatif pengurangan emisi karbon ini merupakan kontribusi perusahaan untuk mewujudkan nett zero emission Indonesia pada 2060,” ujar Presiden Direktur J Resources Anang Rizkani Noor.

Lebih lanjut Anang mengungkapkan, bahwa peluncuran 2 unit truk listrik ini dilakukan melalui kerja sama dengan kontraktor pertambangannya yakni PT SMA.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung penuh program pemerintah pusat terkait pelestarian lingkungan, kami mengucapkan terima kasih kepada PT SMA yang telah berkolaborasi dengan kami dimana peluncuran truk listrik ini adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia,” ujar Anang.

Anang menambahkan, Inisiatif perubahan sumber energi di dua site dan pemakaian dua unit truk listrik ini dapat mengurangi emisi karbon sebesar 54 persen per tahun dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut dengan menggunakan sumber energi BBM.

Selain itu, Anang juga mengucapkan terima kasih kepada dua pemerintah daerah yakni Pemkab Bolmong dan Pemkab Bolsel, yang selama ini terus memberi dukungan hingga PT. J Resources bisa beroperasi di site Bakan.

“Ucapan terima kasih kepada Pemkab Bolmong dan Pemkab Bolsel yang telah membimbing dan membantu hingga J Resource berjalan baik di sini,” tutupnya.

Peluncuran truk listrik yang beroperasi di site Bakan ini turut dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bolsel Moh Ichsan Utiah, SH dan Pj. Sekretaris Daerah Pemkab Bolmong Abdullah Mokoginta, SH, M.Si.(emon).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *