oleh

Anda Pasti Menyukai ! Bagi Khaerudin Pekerjaan Sebagai ASN Tak Mengungkung Waktu dengan Keluarga, Jika Jalani Tips ini

SULAWESI.NEWS, BOLTIM – Khaerudin Mamonto, SE., memaparkan perjalanan dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), mulai dari cita-cita hingga meluangkan waktu dengan keluarga ditengah padatnya tugas dan tanggungjawab yang dilakoni olehnya sebagai abdi negara.

Menurutnya, faktor motivasi dirinya menjadi ASN, ingin mengabdi pada negara dan memiliki penghasilan yang jelas serta jaminan hari tua.

Sejak masuk ASN pada tahun 2010, jabatan yang diamanahkan akan mempunyai tantangan tersendiri.

“Bagi saya semua jabatan itu mempunyai tantangan. Akan tetapi dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks, seperti digitalisasi, globalisasi, information overload, maupun tantangan saat ini yaitu pandemi Covid-19,” kata Khaerudin, Senin 14 Maret 2022 pada rilis yang disajikan olehnya di grup WhatsApp rekan-rekan media mitra Pemda Boltim.

Pun tidak bisa dipungkiri lanjut Khaerudin, kalau globalisasi dan digitalisasi menuntut ASN, khususnya ASN milenial untuk menjadi generasi pembelajar atau lifelong learner.

Dijelaskannya, tidak hanya menerima, tetapi juga beradaptasi dan mengikuti perubahan ke arah yang positif. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masif saat ini tentu menjadi tantangan sekaligus peluang bagi ASN untuk memenangi persaingan global.

“Untuk menghadapi tantangan dalam persaingan global, ASN tidak boleh hanya sekadar bekerja menjalankan tugas-tugas rutin saja atau business as usual. Contoh, kondisi pandemi Covid-19 sebagai sebuah kondisi dimana ASN harus adaptif, responsif, inovatif, dan kreatif terhadap sebuah perubahan. Bahkan ASN harus bisa menyesuaikan diri dengan the new normal yang diramalkan akan terjadi setelah pandemi Covid-19 berakhir. “ katanya.

“Jadi ketika kita masuk ke kantor kita harus benar-benar menyadari ada new normal dan kita harus beradaptasi sehingga hal tersebut tidak mempengaruhi produktivitas kita,” kata Khaerudin lagi.

Ia pun memaparkan tips membagi waktu buat keluarga disaat pekerjaan selaku abdi negara.

Baginya, tuntutan pekerjaan sering kali menyita waktu dan pikiran. Banyaknya tanggung jawab di tempat kerja, seperti tenggat waktu, rapat, target yang harus dicapai, dan lainnya memang sering kali membuat kita lupa waktu. Sehingga tak jarang waktu yang semestinya kita habiskan bagi keluarga harus tersita untuk pekerjaan kita.

Sulit memang, katanya, namun tak bisa terus-menerus mengorbankan waktu bersama keluarga demi pekerjaan.

“Cara saya mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga agar hidup seimbang yaitu Jaga Komunikasi dengan baik, rencanakan liburan bersama keluarga serta Manfaatkan jatah cuti,” begitu kata Khaerudin.

Sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis-Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, ia juga berharap kedepan akan lebih giat berkerja serta penuh tanggung jawab terhadap pekerjaan.

“Terlebih hari ini saya di percayakan oleh bupati Boltim sebagai Kadis Kominfo tentunya tantangan digitalisasi merupakan peluang yang bisa digunakan untuk berinovasi, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi,” tutupnya.

Berikut ini profil Khaerudin Mamonto,SE :

Nama : Khaeruddin Mamonto, SE
Lahir : Ktg, 8 Januari 1984
Jabatan : Kadis Kominfo Kab. Boltim
Zodiac : Capricon
Istri : Nani Mamonto, S.Pd
Anak :
1. Khaliza Az Zahra Mamonto
2. Adinata Caezar Mamonto
3. Ahmad Zanky Mamonto

Pendidikan :

1. SMA N 1 Kotamobagu Tahun 2001
2. Universitas Dumuga Kotamobagu 2007

Riwayat Pekerjaan dan Jabatan :

Jabatan di Pemkab Boltim dan Kota Kotamobagu
1. Kasubag Humas dan Protokol Setwan Kab. Boltim
2. Kasubag Program dan Pelaporan Bapelitbangda Kab. Boltim
3. Kasubag Persandian dan Telekomunikasi Bag. Humas Setda Kab. Boltim
4. Kabag Umum dan Keuangan Setwan Kota Kotamobagu
5. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kotamobagu
6. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bolaang Mongondow Timur

Diketahui, beliau terangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak tahun 2010.

 

 

Editor : Febri Limbanon
Sumber : Kepala Dinas Kominfo Boltim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *